10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal

By | Juli 27, 2016

10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal,- Batu ginjal selain dapat diobati dengan cara medis juga dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Allah telah memberikan banyak sekali sumber kekayaan alam yang dapat digunakan oleh manusia. Termasuk 10 tanaman untuk obat batu ginjal, diantaranya :

10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal

10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal

  • Daun Kejibeling

Bersihkan 50gr daun kejibeling segar, 7 lembar daun ungu dan 60gr akar alang-alang. Rebus dengan 800cc air. Biarkan mendidih hingga air tersisa 450cc. Sering lalu minum 150cc 3 kali sehari secara rutin.

  • Daun Kemuning

Bersihkan daun kemuning segar secukupnya, tambahkan 150 cc air lalu buat menjadi jus. Saring dan minum airnya.

  • Daun Meniran

Cuci bersih 30gr daun meniran, 30gr daun sendok dan 30 gr daun kumis kucing. Tambhkan 800cc air, lalu rebus hingga mendidih dan air tersisa 450cc. Dinginkan lalu saring. Konsumsi 3 kali sehari sebanyak 150cc.

  • Daun Pegagan

Rebus ramuan yang terdiri dari 30 gr daun pegagan, 30gr tempuyung dan 6 lembar daun alpukat dengan 800 cc air. Biarkan mendidih hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 150 cc, 3 kali sehari.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

  • Tempuyung

Petik 250 mg daun tempuyung, lalu keringkan dengan cara dijemur dengan panas matahari biasa (tak perlu langsung dijemur di tempat panas, cukup disimpan di teritis rumah). Setelah itu tambahkan kembali 250 cc air dan rebuslah. Sisakan air setengahnya dan dibagi untuk minum, pagi, siang, dan sore hari.

  • Campuran Tempuyung, Daun Alpukat, DLL

Siapkan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi tanah dan 2 jari gula aren. Cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa sekitar 2 gelas saja. Saring dan dinginkan air rebusan. Bagi untuk 3 kali minum. Dikonsumsi pada pagi hari, siang dan sore hari.

  • Daun Tin Atau Daun Ara

Cuci bersih 7 lembar daun tin, rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Catatan : Pohon tin meskipun pohon asli timur tengah tetapi sudah dibudidayakan di Indonesia. Daun tin ini mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagi diuretik hingga mampu mengikis batu ginjal dalam saluran kemih, juga mampu memperbaiki sistem metabolisme protein dan lemak. Kandungan lain dalam daun yang buahnya disebutkan dalam kitab suci ini adalah flavonoid terutama quecertin dan luteolin. Keduanya merupakan senyawa antiradang dan antioksidan. Luteolin berfungsi untuk membantu proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Jagung 

Siapkan 5 buah tongkol jagung, 50 gr rambut jagung, 30 gr kejibeling dan 30 gr kumis kucing. Rebus dengan 800 cc air biarkan mendidih hingga air tersisa 450 cc. Saring lalu minum 3 kali sehari masing-masing sebanyak 150 cc.

  • Jeruk Nipis

Peras 2 buah jeruk nipis yang ukurannya cukup besar (diameter > 4,5 cm.) Lalu tambahkan 2 gelas air putih. Konsumsi sesaat sebelum tidur di malam hari secara rutin selama 3 bulan.

  • Kumis Kucing

Bersihkan 20 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih lalu ditumbuk. Peras hasil tumbukan dan ambil airnya 1/2 gelas. Konsumsi setiap pagi.

Itulah tanaman yang dapat membantu mengobati batu ginjal dan dapat dijadikan resep pengobatan batu ginjal secara alami. Saatnya nikmati kekayaan alam. Salam Sehat !

Baca Juga : Tips Untuk Penderita Batu Ginjal

By : Obat Herbal Fistula Ani

10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *