4 Penyebab Perut Kembung Pada Anak

By | Agustus 21, 2017

4 Penyebab Sakit Perut Pada Anak – Perut kembung kerap kali dijadikan masalah kesehatan yang dialami oleh bayi. Meskipun sebenarnya perut kembung ini bukanlah tergolong masalah keseahtan yang serius, tetapi banyak ibu yang panik karena respon bayi menjadi rewel dan menangis karena tidak nyaman.

Nah oleh karena itu inilah kami akan paparkan penyebab perut kembung bisa terjadi pada bayi agar anda lebih optimal dalam mengatasi bayi yang mengalami perut kembung :

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Sensitif Terhadap Makanan Tertentu

Bagi bayi anda yang telah diberikan makanan pendamping, maka hati hati dalam memilih makanan yang cocok. Karena makanan yang sebenarnya memiliki kandungan gizi yang baik tetapi menyebabkan kembung seperti kembang kol, kubis, kentang, asparagus, kacang-kacangan dan brokoli.

Selain makanan ini, dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang dihindari :

  • Makanan yang diolah dengan cara digoreng atau berminyak
  • Cemilan yang memiliki kandungan tepung tinggi, termasuk roti dan juga biskuit
  • Makanan yang mengandung garam dan sodium

Sistem Pencernaan Bayi Belum Sempurna, Sehingga Rentan Bermasalah

Sejak dilahirkan, bayi memang telah memiliki sistem pencernaan yang lengkap mulai dari mulut hingga anus. Tetapi sebagian besar organ tersebut memang belum mencapai kemampuan optimalnya. Terlebih bagi bayi yang mulai diberikan makanan pendamping asi, maka pemberian makanan dan minuman dalam jumlah besar sekaligus bisa membuat sistem pencernaan bayi kewalahan untuk mendorong pergerakan makanan, gas, dan produk sisa makanan mereka.

Menangis Berlebihan

Saat menangis berlebihan, secara tidak sengaja bayi cenderung bisa menelan banyak udara ke saluran pencernaannya. Dengan demikian, hal ini pun sering membua bayi menjadi kembung.

Kesalahan Teknik Menyusui

Menyusui pun harus menggunakan teknik. Menyusui merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan oleh ibu dan bayinya, terlebih lagi bagi bayi muda yang belum mendapat pendamping asi. Sehingga tidak jarang banyak kesalahan yang tidak disadari selama menyusui sehingga mengakibatkan perut kembung pada bayi. Seperti posisi mulut bayi terhadap puting susu ibu kurang tepat sehingga udara ikut masuk ke dalam, kepala bayi terlalu rendah, tidak menyusui saat bayi lapar sehingga udara masuk dll.

Terlalu Lama Bermain Air

Pada bayi yang baru mulai mahir merangkak atau berjalan, otomatis akan lebih sering bermain di lantai. Dan bahkan meski sudah diberi tikar atau alas, bayi bisa berpindah ke bagian lantai lainnya. Hal ini tentu membuat mereka rentan masuk angin.

 

By Obat Fistula Ani

4 Penyebab Perut Kembung Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *