6 Ciri Ciri Gejala Pengapuran Tulang Sendi

By | Juli 14, 2017

Selamat datang di sehat-alami-4u.com, merupakan salah satu website resmi dari TOKO ACEP HERBAL. Kami disini memberikan informasi seputar pengobatan herbal dan seputar kesehatan termasuk gejala penyakit.

6 Ciri Ciri Gejala Pengapuran Tulang Sendi,- Pengapuran Tulang dalam dunia kedokteran dikenal dengan osteoarthritis yang merupakan kondisi medis akibat terkikisnya persendian secara progresif. Pengapuran tulang ini bisa mempengaruhi setiap sendi, tetapi paling sering mempengaruhi sendi lutut, pinggul, punggung bawah dan leher, sendi kecil dan jari jari dasar dari ibu jari dan juga jempol kaki.

Osteoarthritis ini dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan sendiri merupakan jaringan licin yang menutupi ujung tulang di sendi. Tulang rawan yang sehat sangat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari kondisi ini adalah nyeri dan kekakuan pada sendi.

6 Ciri Ciri Gejala Pengapuran Tulang Sendi

Selain Itu Ada Gejala Lain Pengapuran Tulang Yaitu :

  • Adanya pembengkakan ringan di sekitar sendi
  • Sendi muncul sedikit lebih besar atau lebih “bertonjol” dari biasanya
  • Kehilangkan fleksibilitas. Sulit bergerak bersama melalui berbagai gerak
  • Rasa sakit dan nyeri sendi saat bergerak
  • Pengapuran tulang belakang menyebabkan nyeri leher atau punggung. Taji tulang pun terbentuk di sepanjang tulang di belakang rematik
  • Sendi menjadi terasa kaku. Kekakuan sendi menjadi ciri pengapuran tulang

Mengatasi Pengapuran Tulang Sendi Secara Hati Hati

Jika sudah mengalami pengapuran tulang, maka ada beberapa hal yang terkait dengan gaya hidup berikut dan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Mengurangi Berat Badan (Cobalah Memiliki Berat Badan Ideal)

Sendi yang mengalami tekanan berlebih bisa memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi paling mudah adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan secara bertahap.

Olahraga

Olahraga secara teratur bisa dilakukan untuk membantu menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini membat sendi menjadi lebih stabil sehingga bisa mengurangi tingkat osteoarthritis yang diderita. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan malah memperburuk kondisi pengapuran tulang sendi.

Gunakan Air Panas Atau Dingin

Saat kondisi osteoarthritis menimbulkan rasa nyeri, coba gunakan air pansa dan dingin untuk meringankannya. Penggunaan air panas/hangat digunakan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin bisa meredakan otot dan nyeri.

Menggunakan Alat Bantu

Alat bantu mungkin sangat dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat cobalah konsultasikan pada ahli terapi.

By Obat Herbal Fistula Ani

6 Ciri Ciri Gejala Pengapuran Tulang Sendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *