Gejala dan Penyebab Asam urat (Gout)

By | Juli 23, 2016

Gejala dan Penyebab Asam urat (Gout),- Sakit asam urat adalah sebutan umum untuk rematik (gout arthitritis), yaitu penyakit yang timbul karena adanya gangguan metabolik asam urat (uric acid) sehingga terjadi penumpukan dalam jaringan tubuh berupa endapan (defosit) kristal asam urat. Kristal-kristal asam urat tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadi peradangan akut atau gout. Secara medis, asam urat (uric acid) merupakan zat hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang akan dibuang melalui urin.
Gejala dan Penyebab Asam urat (Gout)

Asam urat atau gout dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki

Sendi adalah bagian yang paling mudah untuk dihinggapi kristal-kristal asam urat, selain kulit dan ginjal. Ini karena adanya penambahan kadar asam urat dalam darah. Jika proses ini terjadi dalam kurun waktu lama akan mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.

Kadar asam urat yang normal adalah sebesar 7 mg/dl. Peningkatkan kadar asam urat ini disebabkan karena beberapa hal, yaitu karena produksi asam urat yang berlebih dan peningkatkan zat purin. Peningkatan ini terjadi karena asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Gangguan pada ginjal juga akan mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Karena jika ginjal terganggu maka pembuangan asam urat melalui purin juga akan terganggu.

Peningkatkan asam urat tidak hanya akan menimbulkan gout tetapi juga komplikasi seperti batu ginjal, hipertensi dan kerusakan ginjal. Komplikasi terjadi karena kadar asam urat adalah hasil metabolisme tubuh dari salah satu unsur protein, zat purin. Ginjal yang sebagai orang yang mengatur kestabilan kadar zat itu di dalam tubuh akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Jika asam urat berlebih, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu menumpuk. Tidak hanya juga pada sendi tetapi juga pada jaringan lain.

Gejala Asam Urat (Gout)

Gejala pertama yang akan dirasakan oleh penderita asam urat adalah serangan pada pangkal ibu jari kaki atau salah satu sendi. Ini bisa terjadi pada sendi lutut kaki, siku atau tumit. Gejala asam urat ini lebih sering terjadi pada malam hari secara tiba-tiba yaitu sendi yang terlihat merah, bengkak, mengkilap, kulit menjadi panas dan terasa nyeri sangat hebat dan juga persendian sulit digerakan.

Asam urat yang sudah parah akan menimbulkan gejala tofus yaitu endapan seperti kapur di bawah kulit dan timbul benjolan. Tofus sering ditemukan pada daun telinga, siku, tumit belakang dan punggung tangan. Pria memiliki kadar asam urat lebih tinggi dibanding wanita, tetapi kadar asam urat wanita akan meningkat setelah menopause.

Penyebab Asam Urat

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi, yaitu mengkonsumsi makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Selain makanan, kita juga bisa berisiko mengalami penumpukan sama urat di dalam darah jika mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Baca Juga : Tumbuhan dan Apotik Hidup Untuk Bantu Mengatasi Ambeien (Wasir)

By : www.sehat-alami-4u.com

Gejala dan Penyebab Asam urat (Gout)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *