Gejala dan Penyebab Asam Urat Naik/Tinggi

By | Juli 12, 2016

Gejala dan Penyebab Asam Urat Naik/Tinggi,- Gout atau yang biasa disebut dengan asam urat merupakan kondisi gejala nyeri yang sulit untuk ditahan, terasa sakit, dan terus-terusan mengalami pembengkakan serta panas di persendian. Bagian tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Tetapi tidak menutup kemungkinan anggota tubuh lain pun bisa terkena asam urat.

Yang paling rawan terkena asam urat adalah kaum lelaki, dibandingkan kaum perempuan laki-laki lebih sering terkena asam urat terutama mereka yang diatas 30 tahun. Jika pada perempuan biasanya terjadi setelah menopause.

Asam urat bukan penyakit. Jangan salah mengenai asam urat, asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Asam urat dengan kadar tinggi inilah yang biasanya menimbulkan masalah karena dapat memicu penyakti ginjal dan rematik asam urat, jika kadar asam urat normal ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. 

Gejala dan Penyebab Asam Urat Naik/Tinggi

Gejala Asam Urat

Asam urat gejala pertamanya dapat dirasakan pada jam pertama. Rasa sakitnya berlangsung selama 3-10 hari. Rasa sakit ini dapat dirasakan terutama pada jempol kaki dan umumnya sering terjadi. Pembengkakan pun terjadi di sendi dan sekitarnya disertai warna kulit yang memerah. Pada kondisi ini, penderita asam urat tidak dapat bergerak secara leluasa. Penderita akan kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang dirasakan itu. Dan dapat muncul kapan saja, namun umumnya gejala terasa di malam hari.

√ Rasa nyeri pada persendian yang tiba-tiba muncul dan hilang
√ Terjadi pada ibu jari kaki
√ Menyebabkan penderita sulit berjalan
√ Sendi yang nyeri terlihat warna kemerah-merahan
√ Rasa nyeri bisa tertahan hingga lebih dari seminggu

Penyebab Asam Urat Naik/Tinggi

Rasa nyeri asam urat terjadi karena adanya pembengkakan yang disebakan tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk karena zat asam urat. Misal orang yang suka mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam urat tinggi dan seorang yang gemar meminum alkohol akan sangat rawan terkena asam urat. Dan asam urat pun bisa terjadi pada orang yang terkena obesitas, diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal kronik.
Pada beberapa penelitian, seorang keluarga yang memiliki riwayat saki asam urat juga dapat menurunkan kondisi yang sama pada turunannya atau penyakit ini juga bersifat genetik.

Agar Kadar Asam Urat Selalu Normal

Cara paling baik agar asam urat tetap normal adalah dengan menjaga asupan yang masuk dalam tubuh. Inilah cara agar kadar asam urat selalu normal :

  • Membatasi konsumsi daging merah, seafood, hati dan ikan sarden.
  • Jangan konsumsi alkohol walaupun sedikit, karena akan membahayakan. Itulah mengapa minuman ini termasuk ke dalam kategori minuman haram.
  • Berhenti merokok, karena rokok akan membunuhmu
  • Hindari mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan
  • Hindari olahan kacang kedelai
  • Olahraga secara teratur dan menjaga berat badan untuk mengurangi resiko asam urat
  • Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi

Jangan Biarkan Kadar Asam Urat Melebihi Batas Normal, Sayangi Tubuh Anda Mulai Dari Sekarang !

Baca Juga : Manfaat Sweetener Stevia

By : www.sehat-alami-4u.com

Gejala dan Penyebab Asam Urat Naik/Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *