Gejala dan Penyebab Diabetes Mellitus/Kencing Manis

By | Juli 28, 2016

Gejala dan Penyebab Diabetes Mellitus/Kencing Manis,- Diabetes Mellitus atau yang biasa disebut kencing manis adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi glikogen yang dapat disimpan dalam otot atau jaringan hati. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap kembali gula darah sehingga terbuang bersama air seni.

DIABETES MELLITUS

Gejala dan Penyebab Diabetes Mellitus/Kencing Manis

Penderita Diabetes Diwajibkan Mengatur Gaya Hidupnya Sehingga Bisa Hidup Lebih Nyaman

Hormon insulin dalam tubuh berfungsi untuk menstransfer glukosa (gula) dari dalam darah ke dalam sel untuk mengubahnya menjadi energi. Glukosa dalam darah tidak dapat langsung digunakan sebagai energi tetapi harus ditransfer terlebih dahulu ke dalam sel-sel melalui proses oksidasi. Insulin juga berfungsi mengubah glukosa menjadi energi cadangan berupa glikogen dan lemak. Jika glukosa dalam darah berlimpah maka akan diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam hati dan otot. Sedangkan lemak akan disimpan dalam jaringan adipose untuk menormalkan kadar glukosa darah.

Gejala Yang Biasa Timbul Pada Penderita Diabetes :

Mudah merasa lelah, selalu merasa haus dan lapar, banyak kencing, berat badan menjadi turun, rasa gatal, kesemutan, mata kabur, kuilt kering dan lebih sering mengalami luka yang susah sembuh.

Diabetes mesti diwaspadai karena daapt menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti gangguan pada penglihatan, peredaran darah, jantung, ginjal, kehidupan seksual terganggu, rusaknya syaraf dan mudah sekali terinfeksi. Tetapi berbagai macam komplikasi ini bisa dicegah jika penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darah dalam batas normal.

Untuk memastikan apakah seseorang menderita diabetes atau tidak, adalah dengan mengukur kadar gula dalam darah penderita. Kadar gula normal puasa adalah 126 mg/dl dan kadar gula normal setelah 2 jam makan adalah 200 mg/dl.

Penyebab Diabetes

Selain faktor genetik atau keturunan akibat keluarga yang memiliki gen diabetes, penyakit ini juga disebabkan beberapa hal lain diantaranya :

  • Makan yang berlebihan tanpa memperhatikan asupan gizi

Makan terlalu banyak dan tidak memperhatikan gizi yang ada didalamnya akan memicu tingginya kadar gula dalam tubuh sehingga menyebabkan diabetes.

  • Kerusakan sel pankreas

Rusaknya sel pankreas merupakan salah satu akar permasalahan munculnya diabetes. Sel beta adalah kelenjar yang sangat berperan penting untuk mensekresikan insulin. Insulin sendiri berperan penting dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Jika sel beta pankreas mengalami kerusakan maka insulin tidak dapat bekerja secara normal sehingga kadar gula darah tidak dapat diatur.

  • Obesitas

Kelebihan berat badan merupakan akar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Timbunan lemak tinggi dalam tubuh akan memicu resistensi terhadap insulin. Dan lemak juga akan memicu tersumbatnya aliran darah serta akan berpengaruh terhadap fungsi hormon.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang akan menjadi penyebab kencing manis/diabetes. Hormon ini akan menyebabkan sel beta pankreas terganggu dan kerja insulin menjadi lambat.

Baca Juga : 10 Tanaman Untuk Pengobatan Batu Ginjal

By : Obat Herbal Fistula Ani

Gejala dan Penyebab Diabetes Mellitus/Kencing Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *