Gejala dan Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi)

By | Juli 19, 2016

Gejala dan Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi),- Hipertensi (hypertension), high blood pressure atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis seseorang mengalami peningkatan tekanan darah dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Tekanan darah merupakan sejumlah tenaga yang sangat dibutuhkan untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Dalam kondisi normal, tekanan darah ini bervariasi dan tergantung aktivitas yang dilakukan. Saat kita melakukan aktivitas berat atau mengalami stress, tekanan darah akan meningkat tetapi akan kembali normal jika berbaring atau beristirahat.

Gejala dan Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi)

Orang yang sering stress akan berpotensi mengalami peningkatan tekanan darah

WHO menyatakan bahwa tekanan darah normal jika di bawah 140/90 mmHg. Dua angka pada pemeriksaan tekanan darah adalah angka sistolik, angka yang lebih tinggi , yaitu angka yang diperoleh saat jantung berkontraksi (pengerutan bilik jantung) dan angka diastolik, angka yang lebih rendah diperoleh saat jantung berelaksasi (pembesaran bilik jantung). Tekanan darah di bawah 120/80 mmHg disebut tekanan darah normal. Jika tekanan melebihi 140/90 mmHg orang tersebut dapat dipastikan menderita hipertensi.

Tekanan darah tinggi akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah melawan tahanan pembuluh darah yang semakin meningkat. Keadaan ini jika memakan waktu lama akan membuat otot jantung letih dan jantung menjadi lemah.

Tabel Tekanan Darah Tinggi Pada Orang Dewasa

Ketegori

Tekanan Darah Sistolik

Tekanan Darah Diastolik

Normal < 120 mmHg (dan) < 80 mmHg
Pre-hipertensi 120 – 139 mmHg (dan) < 80-89 mmHg
Stadium 1 140 – 159 mmHg (atau) 90-99 mmHg
Stadium 2 ≥ 160 mmHg (atau) ≤ 100 mmHg

Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi)

Berdasarkan penyebabnya, hipertensi terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  • Hipertensi Primer

90% kasus hipertensi terdapat pada jenis ini. Jenis primer tidak dapat diketahui secara pasti. Tetapi ada perubahan pada jantung dan pembuluh darah dalam waktu bersamaan yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

  • Hipertensi Sekunder

Hipertensi yang disebabkan oleh penyakit seperti ginjal dan tumor pada kelenjar adrenal. Kasus ini jarang ditemukan. Dan penyebab lain hipertensi sekunder adalah kelainan hormonal, pemakaian obat-obatan tertentu seperti pil KB, obesitas, kurangnya olahraga, stress, alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi garam dan kayu manis, kokain, keracunan timbal akut dan preklamasi pada kehamilan.

Separuh penderita hipertensi tidak akan menyadari penyakitnya, karena hipertensi tidak akan menunjukan gejala-gejala yang nyata, bahkan hipertensi ini ditemukan saat check-up kesehatan.

Gejala Hipertensi (Darah Tinggi)

  • Sakit Kepala, Pusing melebihi batas normal
  • Wajah menjadi kemerahan
  • Detak jantung selalu berdebar
  • Pandangan mata menjadi kabur dan tidak jelas
  • Sering buang air kecil dan sulit berkonsentrasi
  • Mudah kelelahan di berbagai aktivitas
  • Terjadi pendarahan di hidung atau mimisan
  • Pada sebagian penderita mengalami vertigo
  • Sensitif dan mudah marah terhadap hal yang tidak disukai

Tetapi jika hipertensi sudah parah maka ini akan menyebabkan sakit kepala, kelelahan, mual dan muntah, sesak nafas, gelisah dan juga pandangan menjadi kabut. Ensefalopati hipertensif adalah keadaan terjadinya penurunan kesadaran bahkan koma karena pembengkakan otak yang dialami penderita hipertensi berat.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Parkinson

By : www.sehat-alami-4u.com

Gejala dan Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *