Inilah Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

By | Juli 29, 2016

Inilah Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui,- Demam berdarah bisa menjadi wabah saat musim penghujan. Penyakit demam berdarah (DBD) atau Dengue Hemorrhagic Fever adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan gangguan pada sistem pembekuan darah sehingga menyebabkan pendarahan.

Inilah Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

Demam Berdarah Alias DBD

Gejala Awal Penyakit Demam Berdarah :

Penyakit demam berdarah gejala awalnya adalah selintas sama dengan gejala flu. Infeksi virus dengue memang bersifat asimtomatik atau tidak jelas gejalanya. Hal ini yang membuat penderita awalnya mengira ini adalah flu biasa. Akibatnya DBD dapat menyebabkan kematian jika penanganannya terlambat. Biasanya penderita DBD akan mengalami demam tinggi (38°C – 40°C) secara mendadak. Tubuh terasa lemas, mual, muntah, anoreksia, sakit perut, diare, sakit kepala, nyeri pada mata saat melirik, pendarahan pada gigi atau gusi, menggigil, sakit pada otot, nyeri tulang dan muncul bintik-bintik kemerahan pada kulit karena pembuluh darah pecah.

DBD yang sudah sangat parah akan menyebabkan syok, tekanan nadi menurun drastis disertai penurunan trombosit juga pembengkakan pada hati. Dalam kondisi normal, jumlah trombosit berkisar antara 150.000 – 500.000. Jika trombosit di bawah batas normal, penderita akan merasa lemas dan feses alias kotorannya berwarna hitam dan keras.

Masa inkubasi virus dengue berkisar antara 3-15 hari, setelah masa inkubasi penderita dapat mengalami salah satu dari bentuk penyakit dibawah ini :

  • Dengue Abortif : Penderita tidak merasakan gejala apapun.
  • Dengue Klasik : Penderita mengalami pendarahan pada hidung, mulut, hingga anus.
  • Dengue Syok Sindrom : Penderita yang mengalami fase paling parah. Gejala sama dengan DBD ditambah dengan syok (shock) yang dapat menyebabkan kematian.

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus dengue. Sehingga penyembuhan sangat tergantung pada kecepatan penderita mengetahui jenis penyakit dan ketetapan metode penyembuhan. Karena virus DBD menyerang sel darah merah dalam tubuh, penyembuhannya dilakukan dengan menambah sel darah juga perawatan lain seperti menurunkan demam tubuh dan mencegah terjadinya syok dan mengatasi pendarahan yang terjadi. Penderita penyakit virus dengue sebaiknya tetap menjalani pengobatan karena dikhawatirkan akan mengalami syok yang menyebabkan kematian.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Diabetes/Kencing Manis

By : Obat Herbal Fistula Ani

Inilah Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *