Jenis Jenis Bopeng Dan Cara Mengatasinya

By | Agustus 5, 2016

Jenis Jenis Bopeng Dan Cara Mengatasinya,- Memiliki masalah dengan jerawat saja merupakan hal yang paling menyebalkan apalagi ditambah dengan munculnya bekas jerawat seperti bekas yang menghitam dan bopeng. Bopeng cekung parut membuat wajah jadi terlihat kusam dan tidak indah dan juga menimbulkan ketidakpercayaan diri. Berbagai macam cara dilakukan untuk menghilangkannya, dari mulai menggunakan bahan alami, alat-alat medis dll. Tapi tahukah anda bahwa bopeng memiliki macam-macam jenisnya dan juga penanganan yang berbeda-beda ?

Untuk mengatasi bopeng diperlukan kesabaran dan usaha yang maksimal. Karena bopeng tidak dapat hilang dengan hasil instan. Bopeng berhubungan dengan proses regerenerasi kulit sehingga upaya nya pun tidak boleh salah atau asal-asalan.

Jenis Jenis Bopeng Dan Cara Mengatasinya

Jenis Jenis Bopeng Dan Cara Mengatasinya

  • Bopeng Bekas Jerawat (Ice Pick)

Ice pick Scars adalah lubang parut pada wajah yang ukurannya sangat kecil dan memiliki ujung yang kasar. Berdiameter 1-2 mm yang biasanya ada di bagian pipi. Jenis ini merupakan yang paling sering terjadi.

Menghilangkannya diperlukan metode graft (cangkok kulit ke jaringan parut dan kulit belakang telinga) dan ini menggunakan bantuan trikloroasetat. Asam ini berfungsi untuk mematikan sel kulit lapisan teratas dan mematikan jaringan kolagne hingga merangsang remodeling kolagen pada kulit wajah dalam beberapa bulan.

  • Bopeng Bekas Cacar Air Atau Herpes (BOXCAR)

Boxcar adalah lubang parut di wajah yang ditandai dengan permukaan lebar, bisa dangkal pula (<0,5 mm) dan juga bisa dalam (>0,5 mm). Jenis ini sangat tajam dan batas yang jelas berbentuk bulat atau oval yang diameternya 1,5-4mm. Tipe ini lebih lebar dibanding ice pick. Jaringan ini biasanya bekas cacar air atau herpes.

Untuk mengatasi bopeng jenis ini bisa dengan menggunakan metode punch elevation yaitu dengan menggunakan tephine atau pisau bedah kecil. Bisa juga dengan menggunakan peeling fenol, dermabrasi, dan juga laser. Tipe ini lumayan sangat sulit dan tidak bisa diatasi dengan peeling yang biasa ada di salon-salon.

  • Bopeng Bekas Jerawat Rolling/Shallow

Jaringan ini disebut rolling karena bentuknya yang bergelombang dangkal tetapi juga lebar. Lebarnya sekitar 4-5 mm dan terasa keras bila disentuh.

Untuk mengatasi jaringan parut jenis ini sama seperti boxcar. Atau bisa juga menggunakan sinar laser dikombinasi dengan peeling kimiawi tingkat medium/ dapat saling bersinergis agar mencapai kulit yang diinginkan.

  • Jaringan Parut (Bopeng) Tipe Lembah 

Tipe ini dapat dikenali dengan hilangnya volume jaringan sampai tingkat dermis atau jaringan bawah kulit. Penanganannya menggunakan filler, filler adalah pengisian jaringan dengan cara menyuntikan fileer pada jaringan parut yang ada.

  • Jaringan Parut (Bopeng) Hipertrofik

Jaringan parut ini berbeda dengan yang lainnya. Jaringan ini merupakan hipertrofik scar luka yang menebal. Hypertrofik scar ini sangat mirip dengan keloid, tetapi tipe ini tidak dapat melebar dan membesar melebihi luka aslinya. Tetapi lambat laun luka ini akan hilang dengan sendirinya jika menggunakan produk yang tepat.

By : Obat Herbal Fistula Ani

Jenis Jenis Bopeng Dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *