Khasiat Keji Beling Untuk Mengobati Disentri

By | September 3, 2016

Khasiat Keji Beling Untuk Mengobati DisentriKhasiat Keji Beling Untuk Mengobati Disentri,- Keji Beling atau Orang Jawa menyebutnya dengan nama “Sambang Geteh” dan orang Pasundan menyebutnya “Remek Daging” memiliki nama latin Stachytarpheta mutabilis. Keji beling merupakan suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas menyerupai rumput berbatang tegak. Di Jawa tanaman ini terdapat dipedesaan yang tumbuh sebagai semak. Tumbuhan ini biasanya hidup menggerombol tergolong jenis daun tunggal, berhadapan, bentuk daunnya bulat telur hingga lonjong, permukaan daunnya pun halus, tepi daunnya beringgit, ujung daun meruncing, pangkal daun runcing, dan panjang helaian daun berkisar 5-8 cm, lebar 2-5 cm, bertangkai pendek dan tulang daun menyirip. Warna permukaan bagian atas hijau tua dan bagian bawah hijau muda. Bunganya tergolong majemuk, bentuk bulir, mahkota berbentuk bulat.

Kandungan Keji Beling

Tanaman Keji Beling hampir bisa tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Tanaman ini pun hidup liar dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kesembuhan beberapa macam penyakit. Tanaman Keji beling memiliki zat kimia antara lain : kalium, natrium, kalsium, asam silikat, alkaloida, saponin, flavonoid, dan polilenoi. Kalium memiliki fungsi untuk melancarkan air seni dan menghancurkan batu empedu, mengobati ginjal dan masalah kandung kemih. Natrium pula berfungsi untuk meningkatkan cairan ekstraseluler yang menyebabkan peningkatan volume darah. Kalsium memiliki fungsi untuk membantu proses pembekuan darah, juga sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fungsi membran sel. Sedangkan asam silikat berfungsi mengikat air, minyak dan senyawa senyawa non polar lainnya.

Khasiat Keji Beling Untuk Mengobati Disentri

Khasiat keji beling sebagai obat disentri, diare (mencret) serta obat batu ginjal ini sangat bagus. Selain alami juga aman. Banyak dari mereka di sekitar lingkungan kita menderita penyakit akut dan harus menjalani operasi agar penyakit cepat sembuh dan dapat menjalani hidup seperti biasa. Operasi tidak memakan biaya yang sedikit dan belum lagi efek samping operasi yang kerap diderita mereka yang pernah menjalani operasi. Allah SWT menciptakan penyakit tidak semata-mata hanya penyakit tetapi juga dengan penawarnya. Dan keji beling termasuk salah satu anugrah yang mesti kita syukuri karena manfaatnya yang luar biasa.

Salah satu khasiat keji beling adalah dapat membantu mengobati disentri. Disentri adalah kondisi infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare adalah buang air besar encer dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Disamping diare gejala disentri pun meliputi kram perut, mual dan muntah serta demam. Di Indonesia disentri kerap terjadi pada masyarakat. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena keji beling pun dapat bermanfaat untuk mengobati disentri. Tumbuhan ini terkenal akan mineral seperti kalium, kalsium dan natrium serta unsur mineral lainnya. Disamping itupun tumbuhan ini memiliki asam silikat, tannin dan glikosida. Manfaatnya sebagai obat disentri sudah tidak diragukan lagi cara mengolahnya pun gambang. Rebus seluruh bagian dari tanaman kurang lebih setengah jam dan minum air rebusannya saat sedang hangat.

Khasiat Keji Beling Lainnya Bagi Kesehatan

  • Untuk Mengatasi Rasa Gatal

Tanaman ini selain direbus dan diminum airnya juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling pun dapat digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal karena ulat atau semut hitam, caranya adalah dengan mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

  • Dapat Mengobati Maag

Cara menggunakan keji beling untuk mengobati maag adalah dengan dikonsumsi sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur serta menjauhi pantangan makanan asam atau pedas.

  • Mengatasi Kencing Batu

Gunakan daun keji beling sebanyak 1 gram, daun tempuyung 10 gram, Air 100 ml. Dibuat infus lalu diseduh dipipis. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Apabila dipipis dikonsumsi 1 kali sehari 1/4 cangkir.

  • Mengatasi Kencing Kurang Lancar

Daun segar 25 gram dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih selama 15 menit. Setelah dingin lalu diminum sekaligus. Lakukan pagi atau siang hari.

  • Mengatasi Kencing Manis

Untuk kencing manis gunakan daun segar 20-50 gram lalu rebus dalam 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan dan disaring lalu minum 3 kali 1 gelas perhari.

  • Mengatasi Sembelit

Ambil 1/2 genggam daun keji beling segar lalu cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Itulah artikel mengenai khasiat keji beling, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Sehat !

Baca Juga : Khasiat Temulawak Untuk Batu Empedu

By : www.sehat-alami-4u.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *