Manfaat Cuka Apel Untuk Wasir

By | Desember 19, 2017

Manfaat Cuka Apel Untuk Wasir – Wasir atau ambeien merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah yang ada di sekiter anus dengan gejala keluar lendir/pendarahan setelah BAB dengan warna merah segar, benjolan di anus pun bisa keluar masuk sendiri atau harus dimasukan dengan jari.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wasir

Gejala-gejala lain yang mungkin timbul adalah gatal di sekitar anus, nyeri, merah dan bengkak di sekitar anus. Jika anda mengalami gejala wasir sebaiknya anda segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Memiliki wasir, ambeien atau hemoroid memang membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Anda tidak boleh terlalu lama duduk, beraktivitas berat, angkat barang dan makan pedas pun tidak boleh. Itu sebagian pantangan-pantangannya.

Itulah mengapa wasir sebaiknya cepat ditangani agar kondisi tidak semakin parah. Anda bisa mengobati penyakit wasir sendiri di rumah, cukup dengan bahan alami di dapur yaitu cuka apel.

Cuka apel ini bisa digunakan dan bisa menjadi alternatif sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan ambil 2-3 sendok makan cuka apel, ambil kapas secukupnya lalu rendam kapas dan kompres di bagian wasir kurang lebih 30 menit. Terus ulangi perawatan dengan celupkan lagi cuka saat senggang di rumah.

Tidak perlu banyak banyak menggunakan cuka apel ya, cuka apel ini berperan untuk menghentikan rasa gatal luar biasa dan juga panas dan terbakar akibat wasir. Selain itu cuka apel pun memiliki kegunaan untuk memperkecil pembuluh darah yang keluar atau membengkak.

Mengapa Bisa Cuka Apel Atasi Wasir ?

Karena di dalamnya terdapat kandungan disinfektan yang bisa mencegah terjadinya infeksi di daerah dubur, sehingga dapat mengurangi iritasi. Selain itu terdapat pula kandungan anti-inflamasi yang di dalamnya bisa bantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Nah adapun cara mencegah gejala wasir adalah, anda bisa lakukan hal hal di bawah ini :

  • Perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari
  • Hindari makanan yang pedas-pedas
  • Usahakan mandi air hangat
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat, untuk bantu lancarkan BAB
  • Lakukan terapi es batu untuk bantalan empuk
  • Hindari mengejan saat BAB dan jangan menahan BAB
  • Rutin melakukan olahraga

Jika anda memiliki wasir, lakukan cara diatas untuk mencegah wasir datang lagi. Cara ini juga bisa mengurangi gejala peradangan pada wasir.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Difteri

By Obat Fistula Ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *