Manfaat Stevia Sweetener Bagi Pengobatan

By | Juni 29, 2016

Manfaat Stevia Sweetener Bagi Pengobatan

Manfaat Stevia Sweetener Bagi Pengobatan,- Gula selama ini kita kenal sebagai pemanis, tetapi tahukah kalian bahwa gula dapat menyebabkan diabetes ? Ya terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes. Tapi apa jadinya jika tanpa gula ? pasti makanan atau minuman terasa hambar. Daun Sweetener Stevia merupakan pemanis alami yang rasa manisnya tidak kalah dari gula. Stevia ini tentunya jika digunakan banyak pun tidak akan menyebabkan efek samping.

Stevia merupakan tumbuhan 100% alami tidak mengandung kalori pemanis dan manfaatnya bisa didapatkan dalam kesehatan

Tentang Sweetener Stevia

Stevia merupakan tanaman berdaun hijau yang berasal dari Amerika Selatan. Banyak digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Tanaman ini pun telah dikembangbiakan dan rasa manis di dalamnya digunakan sebagai pemanis. Tanaman ini dapat dibeli dalam keadaan utuh atupun hancur, tetapi paling sering anda akan mendapatkan ekstrak (cair & bubuk) atau versi halus dari senyawa manis terisolasi tanaman. Ada 2 senyawa utama yang manis dan diisolasi dari daun stevia, kedua senyawa tersebut disebut dengan Stevioside dan Rebaudioside A. Kedua senyawa ini sebenarnya lebih manis daripada gula lho !

Selain dapat dijadikan sebagai pengganti gula, stevia ini pun memiliki khasiat yang luar biasa dalam pengobatan. Berikut ini khasiat yang akan anda dapatkan jika menjadikan Stevia Sweetener sebagai pilihan pemanis alami di rumah anda :

  • Stevia Dapat Membantu Menurunkan Tingkat Gula Darah dan Membantu Melawan Diabetes

Dalam sebuah studi percobaan pada pasien diabetes tipe 2 menggunakan 1 gram stevioside atau 1 gram pati jagung. Kelompok yang mengambil stevioside memiliki penurunan gula darah sekitar 18%.

Dalam studi lain pun membandingkan sukrosa (gula biasa), aspartam dan stevia. Dapat diketahui bahwa stevia menurunkan kedua gula darah dan kadar insulin setelah makan dibanding dengan 2 peamis lainnya.

  • Stevia Dapat Membantu Mencegah Kanker

Senyawa stevia yang diturunkan desebut isosteviol yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, ini dibuktikan dalam penelitian dan diterbitkan di sebuah majalah Edisi September 2005 “Life Sciences” “Isosteviol menunjukan manfaat anti-kanker terbesar diantara 12 senyawa stevia dan mencegah pula pertumbuhan sel dalam kultur jaringan sel kanker manusia. Senyawa stevia pun dapat mengurangi peradangan“.

  • Stevia Sebagai Penurun Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Edisi November 2003 “Therapeutics Clinical” diteliti pada peserta yang berusia 20-75 tahun yang memiliki tekanan darah yang agak tinggi dan mengkonsumsi 500 miligram stevioside 3x sehari selama 2 tahun. Penelitian pun memberikan hasil penurunan 6,6% pada tekanan darah sistolik yang menandakan tekanan dalam arteri saat jantung berkontraksi, dan penurunan 6,3% pada tekanan darah diastolik menandakan tekanan dalam arteri saat jantung relaksasi. Stevioside salah satu senyawa manis di stevia dapat menurunkan tekanan darah tetapi harus menggunakan dosis yang besar.

By : Obat Fistula Ani

Manfaat Stevia Sweetener Bagi Pengobatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *