Mengenal Bahaya Kandungan Bahan-Bahan Kosmetik

By | Juli 11, 2016

Mengenal Bahaya Kandungan Bahan-Bahan Kosmetik

Mengenal Bahaya Kandungan Bahan-Bahan Kosmetik,- Saat ini wanita tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Lumrahnya memang wanita menggunakan kosmetik untuk mempercantik diri atau menutupi kekurangan. Tapi tahukah anda bahwa kosmetik malah dapat membuat masalah serius bagi kulit ? Ini berlaku pada kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya saja ya ! Saat ini maraknya peredaran kosmetik dengan bahan berbahaya sedang merajarela. Pasalnya saat ini banyak kosmetik palsu beredar, kosmetik palsu tentu dibuat menggunakan bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak kulit bahkan dapat dikatakan kehalalannya tidak dapat dijamin ! Inilah kandungan berbahaya yang biasanya terdapat pada kosmetik palsu :

  • Merkuri (Hg)

Merkuri adalah zat berbahaya yang sering kita dengar, zat ini sering digunakan oleh para produsen kosmetik nakal yang ingin untung besar. Merkuri sudah jelas-jelas sangatlah berbahaya, tetapi tetap saja mereka tidak waspada dan tetap mencampurkan merkuri terhadap pembuatan kosmetik. Bahaya-bahaya yang akan di dapat jika merkuri terkena kulit adalah timbulnya bintik hitam pada kulit, adanya alergi, iritasi kulit, kulit terasa panas hingga membuat kulit menjadi rusak permanen. Penggunaan merkuri dalam dosis yang tinggi pun akan mengancam kerusakan saraf otak, ginjal bahkan timbulnya kanker kulit. Ini jelas-jelas tidak hanya membahayakan kulit tetapi juga membahayakan kesehatan.

  • Timbal (Tb)

Timbal seringkali digunakan pula dalam pembuatan kosmetik. Timbal tidak baik bagi kesehatan karena akan menyebabkan rusaknya otak secara permanen serta sistem saraf yang mengganggu aktivitas, menyebabkan kurang berfungsinya pendengaran serta anemia, gangguan saraf pusat, hipertensi, penurunan fungsi ginjal. Oleh karena itu tidak hanya perlu dibatasi tetapi lebih baik jangan digunakanlah kandungan timbal tersebut.

  • Hidrokinon

Hidrokinon (Hydroquinone) termasuk dalam golongan obat keras dan termasuk golongan senyawa kimia yang dapat larut dalam air, kandungan ini pun banyak digunakan dalam kandungan yang berbahaya. Sifatnya juga sebagai antioksidan yang mampu menghambat proses melanogenesis (proses pembentukan melanin) dan dapat mengurangi warna gelap pada kulit. Tetapi yang namanya bahan kimia, efek buruknya akan terjadi saat penggunaan jangka panjang. Tahukah anda bahwa vitiligo (pigmen kulit yang hilang dan terbentuk area putih seperti panu) juga dapat muncul akibat pemakaian kosmetik dengan kandungan berbahaya ? Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

  • Rhodamin B

Rhodamin B adalah zat pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk industri kertas dan tekstil. Sama seperti air dan alkohol, kandungan ini pun bersifat polar dan banyak digunakan pada produk yang termasuk kategori kosmeteik berbahaya. -COOH dan lonepair pada atom O serta N membuat kepolarannya tidak diragukan lagi. Zat ini sangat berbahaya jika terkena kulit, jika terhirup, atau kena mata ataupun juga tertelan dapat mengakibatkan iritasi pada saluran pernafasan, iritasi kulit, iritasi mata dan bahaya kanker hati.

  • Asam Retionat (Retinoic Acid (Retin -A)

Kandungan ini merupakan bentuk asam dan bentuk aktif dari vitamin A (retinol) yang sering terdapat pada kosmetik berbahaya. Bahan ini sering dipakai pada pengobatan jerawat, pemutih kulit, mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dan sering juga digunakan pada krim pemutih karena dipercaya dapat membantu memutihkan. Efek dari zat ini adalah terhambatnya pigmen melanin seperti beberapa senyawa pemutih lainnya. Berbahaya pula jika digunakan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan dan lebih parah lagi kecacatan pada janin.

Itulah beberapa zat yang kerap digunakan oleh para produsen nakal untuk menghasilkan produk kosmetik. Kita tidak pernah tahu apa yang ada dibalik pembuatan kosmetik, untuk itulah berhati-hati dalam memilih kosmetik. Pastikan sudah menelusuri lebih jauh kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Salam cantik !

Baca Juga : Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

By : www.sehat-alami-4u.com

Mengenal Bahaya Kandungan Bahan-Bahan Kosmetik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *