Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani

By | Juni 25, 2016

Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani,- Fistula perianal/fistula ani merupakan saluran yang menghubungkan lubang dalam anus ke kulit di sekitar anus. Lubang fistula ani bisa satu (simple) atau lebih (kompleks) pada permukaan kulit sekitar anus, dan dari lubang fistula tersebut bisa keluar nanah atau kotoran saat buang air besar.

Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani

Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani

Penyebabnya adalah akibat infeksi dari kelenjar anus (cyptoglandular). Kelenjar ini terdapat dalam ruang antar otot anus. Jika saluran keluar kelenjar anus tertutup maka akan menjadi bisul yang besar dan menekan ke segala arah membentuk perianal abses. Bisul akan mencari jalan keluar yang akhirnya bermuara ke kulit di sekitar anus membentuk fistula perianal.

Penyebab lain kemungkinan adanya peradangan pada usus. Jika fistula ani ini memiliki posisi semakin dekat dengan otot sphincter yang terdapat pada ujung anus maka kondisi tersebut semakin parah. Kondisi yang parah akan menyebabkan komplikasi serta gangguan yang terdapat pada usus besar pemicu timbulnya fistula. Komplikasi tersebut antara lain :

  • Divertikulitis. Yakni kondisi dimana kantong kecil yang terdapat di samping usus besar terinfeksi bakteri.
  • Penyakit Crohn. Yakni situasi dimana terjadinya inflamasi pada dinding sistem pencernaan yang disebabkan oleh kondisi kronis gejala tersebut.

Gejala Fistula Ani

  • Nyeri saat BAB dna Batuk
  • Keluarnya darah atau nanah dari lubang fistula
  • Iritasi atau ulkus di kulit sekitar lubang fistula
  • Gatal di sekitar anus dan lubang fistula
  • Adanya benjolan
  • Demam (Tanda-tanda umum infeksi)

Sebenarnya fistula ani ini terbagi ke dalam beberapa tipe. Fistula ani ini dapat dibedakan dari mulai jenisnya yang simple hingga fistula kompleks yang memiliki banyak cabang. Ini berikut penjabarannya :

Jenis Fistula

  • Intersphinteric Fistula

Pada fistula jenis ini gejala yang dialami adalah terdapatnya lubang pada ruang yang terletak diantara muskulus sfingter eksterna dan interna. Daun juga muara dari lubang tersebut pun terletak dengan area yang sangat dekat dengan lubang anus.

  • Transphinteric Fistula

Fistula ini memiliki gejala terdapatnya lubang antara muskuls sfingter eksterna dan muskulus interna. Setelah melewati muskulus sfinter eksterna maka akan berada pada setiap satu bahkan dua inchi pada bagian luar lubang anus. Selanjutnya kita bisa melihat bentuk dari huruf U pada tubuh dengan lubang eksternal yang terletak pada kondisi fistula horseshoe.

  • Suprasphinteric Fistula

Kondisi diawali pada bagian ruang antara sfingter interna dan sfingter eksterna yang membelah pada menghadap atas muskulus pubrektalis kemudian akan turun diantara pubrektal dan levator ani. Dimana selanjtnya lubang tersebut akan muncul dengan jarak satu bahkan dua inchi di luar anus.

  • Ekstrasphinteric Fistula

Pada golongan ini, gejala yang akan dialami oleh penderita yakni terdapatnya lubang yang berawal dari calon sigmoid (rektum) yang akan memanjang ke arah bawah. Rektum ini nantinya akan melewati muskulus levator ani dan akan bermuara pada area sekitar anus. Fistula ani pada jenis ini pada umumnya disebabkan karena adanya Abses Appendical, Abses Diverticular bahkan Crohn’s Disease.

Baca Juga : 8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita GERD

By : www.sehat-alami-4u.com

Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *